Sholat Jum’at Di Itaewon, Seoul

Kebetulan jalan-jalan kali ini menemui hari Jumat, dimana ada kewajiban menjalankan Sholat Jumát. Meskipun saya kadang memakai hukum musafir alias nggak sholat Jum’at, namun karena berada jauh dari rumah dan di daerah non muslim, saya ingin merasakan bagaimana sholat Jum’at di negeri orang. Saya berada di Seoul saat itu, tepatnya di Itaewon. Untungnya di Itaewon ada Masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat. Seoul Central Mosque, begitulah nama satu-satunya masjid di wilayah ini. Tidak heran setiap Jumat masjid ini menjadi titik kumpul kaum muslimin di Korea.

Saya bertemu sekeluarga dari Malaysia yang bekerja di Ulsan, saat minum kopi di depan masjid untuk menunggu waktu sholat masuk. Kami ngopi dan ‘sarapan’di kedai halal depan masjid, sepertinya milik orang Turki. Setiap Jumat mereka datang ke Itaewon untuk sholat Jumat. Saya juga bertemu dengan orang-orang Indonesia disini. Saat mereka berfoto di depan gerbang masjid, berbicara bahasa Indonesia, saya langsung hampiri mereka. Ternyata sebagian dari mereka adalah orang Malang. Hehehe, dunia terasa begitu kecil.

Masjid Itaewon atau yang dikenal dengan Seoul Central Mosque didirikan diatas lahan seluas 5.000 meter persegi yang merupakan hibah dari Pemerintah Korea. Dibangun dengan dana negara-negara Islam, Masjid yang terletak di Hannam-Dong, Distrik Yongsan ini mulai dibangun pada bulan Oktober tahun 1974, dan secara resmi digunakan pada tanggal 21 Mei tahun 1976. Lantai dasar Masjid ini digunakan sebagai ruang pertemuan dan Kantor Korea Islamic Federation, sedangkan lantai 1 (satu) dan 2 (dua) digunakan sebagai tempat sholat.

Sholat Jumat disini menggunakan 2 (dua) kali adzan sebagaimana masjid-masjid nahdhiyin di Indonesia. Khotbah Jumat menggunakan 3 (tiga) bahasa, yaitu Arab, Inggris dan Korea. Muslim dari berbagai belahan bumi hadir di masjid ini, sebagian besar nampak wajah-wajah Timur Tengah. Beberapa orang asli Korea juga ada yang melaksanakan sholat. Pemandangan yang menyejukkan saat melihat mereka yang berbeda-beda asal, namun berkumpul dalam masjid yang sama. Khatib sepertinya orang asli Korea, karena kulitnya yang putih dan wajahnya mirip-mirip orang Korea, atau orang Timur Tengah? Bukan masalalah sama sekali. Saat sholat Jumat dimulai, Imam tidak menjaharkan Basmallah, seperti kebanyakan kaum muslim di Arab. Sesuatu yang sebenarnya agak mengagetkan bagi saya. Ketika adzannya 2 (dua) kali saya pikir masjid ini mengikuti madzab Imam Syafii, namun ternyata saat sholat Imam tidak menjaharkan Basmallah. Saat duduk tahiyat akhir, saya sempat melihat jamaah di depan saya. Rerata mereka melakukan duduk iftirasy, bukan duduk tawaruk seperti yang saya lakukan. Artinya sebagian mereka mengikuti madzab Imam Hanafi atau Imam Hambali. Sungguh pemandangan yang menakjubkan ketika berbeda-beda pemahaman berkumpul dalam satu masjid. Sesuatu yang jarang saya lihat saat sholat di Indonesia. Bagaimanapun ukhuwah lebih penting dari sekedar perbedaan madzab.

Setelah selesai, saya ke luar masjid dan mendapati jamaah di luar ternyata sangat banyak, dengan karpet yang disiapkan oleh marbot masjid. Dari atas saya melihat ada antrian panjang di samping masjid. Ternyata ada pembagian roti dan susu kotak. Sayangnya ketika saya turun, sudah kehabisan susu kotak, hanya kebagian roti saja, hehehe, alhamdulillah, lumayan buat pengganjal perut.

Setelah istirahat sebentar, kami pun kembali ke hostel untuk mengambil tas, lalu melanjutkan perjalanan ke Hongdae untuk pindah hostel, menyusul rombongan Ibu-Ibu yang berangkat lebih dulu tadi pagi. Ini menjadi pengalaman sholat Jumat pertama saya di negeri berpenduduk non muslim.

Semoga bisa merasakan Sholat Jum’at di negeri lain.

Berjalanlah agar lebih bijak memaknai hidup, memaknai perbedaan, memaknai kebersamaan, namun jangan tinggalkan aqidah salafushsholihin.

Kepanjen

212-2016

Advertisements

7 thoughts on “Sholat Jum’at Di Itaewon, Seoul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s