Memotret Tidak Perlu Jauh

edisi makro

Dewasa ini (sudah lama nggak baca pembuka seperti ini :D) fotografi sudah menjadi ‘kebutuhan’ bagi banyak orang. Gawai-gawai dengan fitur fotografi bertebaran dimana-mana. Manusia semakin ingin mengaktualisasikan diri di berbagai tempat, disepanjang waktu. Fotografi sudah bukan menjadi hobi lagi, tetapi sudah mengarah ke gaya hidup. Keberadaan media-media sosial menjadi pemicu menjamurnya kegiatan fotografi, atau lebih enak dibilang memotret. Peristiwa apapun tidak luput dari bidikan kamera, baik menggunakan kamera maupun menggunakan gawai (smartphone).

Sebagian orang masih menganggap bahwa memotret itu harus di tempat-tempat tertentu. Memotret harus pergi ke suatu tempat, yang jauh dari rumah, agar foto yang dihasilkan menjadi bagus. Tidak salah, apalagi jika anda suka memotret alam, memburu momen-momen matahari terbit dan atau tenggelam, suka memotret startrail atau milkyway. Atau bahkan penggemar foto makro pun perlu pergi ke tempat yang jauh dari rumah. Jika anda memiliki waktu luang dan tentunya biaya untuk melakukan itu semua, tentu tidak menjadi masalah. Namun sebagian orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk traveling hanya untuk memburu momen. Berbagai alasan misalnya karena kesibukan kerja, tidak ingin waktu untuk keluarga berkurang, atau alasan lainnya.

Begitu juga saya, tidak terlalu memiliki waktu yang banyak untuk memotret di tempat yang jauh. Beruntung istri saya sangat mengerti hobi saya yang satu ini. Tinggal mengatur waktu, sesekali boleh lah keluar rumah untuk memburu momen-momen sunrise, sunset, startrail dan milkyway di tempat yang jauh dari rumah.

Jika anda memang tidak memiliki waktu banyak, jangan berkecil hati. Lihatlah sekeliling lingkungan di kampung anda. Pasti ada momen-momen yang bisa anda potret. Apapun itu. Apalagi jika masih ada sawah di sekitar rumah anda. Kegiatan petani mulai dari mengairi sawah sampai saat panen bisa menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan. Atau jika tidak ada sawah, anda masih bisa memotret bunga. Ya, memotret bunga dan atau serangga-serangga kecil yang ada di sekitar rumah. Fotografi makro.

Memotret bunga dan serangga atau kupu-kupu bisa menjadi kegiatan yang mengasyikan di akhir pekan. Anda tidak perlu meninggalkan keluarga bukan? Cukup jalan jalan di sekitar rumah atau bahkan anda sengaja membeli tanaman-tanaman bunga untuk dipotret. Saya sering melakukan ini, dan memang fotografi makro menjadi salah satu kesukaan saya. Salah satu alasannya ya karena tidak perlu jauh dari rumah. Banyak momen yang bisa anda potret dalam fotografi makro. Bunga-bunga, serangga seperti lebah, laba-laba, dan lain-lain.

Foto-foto dibawah ini saya ambil di sekitar rumah.

Jadi tidak ada alasan tidak memotret karena tidak ada waktu untuk mencari momen bukan? Karena mencari momen untuk memotret memang tidak perlu jauh, cukup punya kamera dan lensa, anda ciptakan momen-momen yang anda inginkan.

edisi berikutnya :

Memotret landscape (juga) tidak perlu jauh

Kepanjen

1012-2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s